Sambal Cengeh Lombok, Pedesnya Maknyosss!!

 

Pulau Lombok, sesuai namanya termasuk salah satu daerah penghasil Lombok atau cabai di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak membiarkan begitu saja potensi yang dimiliki untuk diolah menjadi produk andalan daerah.

“Sambal Cengeh Maiq Meres”. Diracik dari cabai pilihan dan diolah secara tradisional, membuat citarasa dan aroma sambal khas pulau Lombok khususnya di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

Sambal Cengeh kian banyak digemari masyarakat setempat. Bahkan kini, seiring lajunya wisata kuliner membuat produksi Sambal Cengeh ini mulai diperbanyak dengan kemasan menarik.

Bagi anda yang baru menapakkan kaki di pulau Lombok, belum lengkap kiranya jika tidak mencicipi Sambal Cengeh yang bahan pembuatannya dari cabai rawit pilihan, terasi, garam, bawang putih, penguat rasa, antioksidan (BHT) kemudian digoreng menggunakan minyak nabati.

Tapi jangan terlalu banyak ya, pedes sih… Mungkin karena itulah, Lombok juga dikenal dengan sebutan pulau Pedas.

Sambal Cengeh, kini mulai banyak didapatkan di beberapa Supermarket, toko-toko di pulau Lombok. Biasanya dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang berlibur ke pulau Lombok. Rasa pedasnya membuat anda akan sulit melupakan Lombok.

Ingat sambal, pasti ingat Sambal Cengeh Maiq Meres…

Menurut Ibu Ida, peracik dan pembuat Sambal Cengeh Maiq Meres, sambal khas masyarakat pulau Lombok ini dapat mengembalikan gairah makan, menghangatkan tubuh, dan siap-siap keringat anda bercucuran.

Bagi masyarakat pulau Lombok, menyantap nasi yang masih hangat merupakan kebiasaan sejak turun temurun. Nah,,, Sambal Cengeh ini sangat pas ditaburkan pada nasi hangat, atau bisa juga pada mie instan serta di bakso kuah.

Leave a Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar Anda
Nama Anda